Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato
Main Author: | MASNITA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413336/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-dan-menulis-permulaanmelalui-pendekatan-konstruktivisme-di-kelas-ii-sdn-2-botubilotahu-kecamatanmarisa-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masnita. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Djafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme kemampuan siswa membaca dan menulis permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia di SDN II Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan melalui pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada Siswa kelas II SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa kabupaten Pohuwato.Adapun metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan hasil observasi awal bahwa kemampuan membaca permulaan yang memperoleh nilai 46% ( 13 siswa ).Selamjutnya di laksanakan tindakan siklus I yang menunjukkan kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 16 orang siswa atau 67% sedangkan yang memperoleh nilai rendah sebaanyak siswa atau 33%.Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 20 orang siswa atau 83%,yang memperoleh nilai rendah sebanyak 4 orang atau 17%.Hasil pengamatan siklus II menunjukkan bahwa indikator pnlitian yang di tetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai tinggi sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat di terima secara ilmiah.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan di kelas II SDN 2 BOTUBILOTAHU Kec.Marisa Kab Pohuwato. Kata kunci : Membaca, Menulis dan Pendekatan Konstruktivisme