Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato

Main Author: MOHAMAD RAHMAT PANIGORO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413333/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-karanganeksposisi-melalui-pendekatan-kontekstual-kelas-iv-sdn-inpres-patuhu-kecamatanrandangan-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Moh. Rahmat Panigoro. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 75%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Pada Siswa Kelas SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Melalui Pendekatan kontekstual Kelas IV SDN Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan pendekatan kontekstual kemampuan hanya berjumlah 15 orang atau sebesar 75%, pada siklus I meningkat menjadi 5 orang atau sebesar 25% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 19 orang atau ketuntasan sebesar 95%. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi, pendekatan kontekstual.