Meningkatkan Keterampilan Mengarang Cerita Rakyat Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 04 Popayato Babupaten Pohuwato

Main Author: IDA PUSPITASARI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
V
Sdn
04
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413330/meningkatkan-keterampilan-mengarang-cerita-rakyat-melalui-media-gambar-pada-siswa-kelas-v-sdn-04-popayato-babupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ida Puspita Sari. 2014. Meningkatkan Keterampilan Mengarang Cerita Rakyat Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 04 Popayato Babupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Ratnarti Pahrun M.Pd. Pembimbing II. Dr. Yusuf Djafar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah keterampilan mengarang cerita rakyat melalui media gambar pada siswa kelas V SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mengarang cerita rakyat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan jumlah siswa 17 orang. Yang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian, keterampilan Mengarang Cerita Rakyat Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato, pada tindakan siklus I siswa mampu meningkat menjadi 11 orang atau 65. 58% dan pada tindakan siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi sejumlah 14 orang atau sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa mengunakan media gambar ternyata dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa pada materi mengarang cerita rakyat siswa di SDN 04 Popayato Kabupaten Pohuwato. Kata Kunci: Mengarang, Cerita Rakyat, Media Gambar.