Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Metode Inquiri Di Kelas V SDN I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango
Main Author: | FATMAWATY MOHUNE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413327/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sistem-peredaran-darah-manusia-melalui-penerapan-metode-inquiri-di-kelas-v-sdn-i-tapa-kecamatan-tapa-kabupaten-bonebolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK FATMAWATY MOHUNE. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Metode Inquiri Di Kelas V SDN I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Program Strata I (Satu) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM. dan Pembimbing II Dr.Sukirman Rahim,S.Pd,M.Si Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode inquiri. Penelitian tindakan yang telah dilakukan meliputi : 1)Perencanaan, 2). Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah dengan menggunakan metode inquiri pada materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar Siswa di Kelas V SDN I Tapa Kabupaten Bonebolang?". Tujuan dari penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Melalui Penerapan Metode Inquiri Di Kelas V SDN I Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango. Hipotesis dalam penelitian Jika Guru Menggunakan Metode Inquiri Pada Materi System Peredaran Darah Manusia Maka Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Tapa, Kabupaten Bonebolango akan Meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan penerapan metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi system peredaran darah manusia, keberhasilan pada siklus I adalah sebesar 72,% dengan nilai rata - rata 72, dan siklus II 88 % dengan nilai rata- rata 88, maka hasil belajar siswa pada materi system peredaran darah manusia melalui penerapan metode pembelajaran inquiri di Kelas V SDN I Tapa, Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango meningkat 16 %. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Inquiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi System Peredaran Darah Manusia Di Kelas V SDN I Tapa, Kecamatan Tapa Kabupaten Bonebolango Kata kunci : Hasil, Belajar, Metode, Inquiri