Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo

Main Author: LUN MOKOAGOW
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ips
V
Sdn
72
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413314/pendekatan-pembelajaran-konstruktivismepada-mata-pelajaran-ips-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-dikelas-v-sdn-72-kecamatan-kota-timur-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lun Mokoagow, 151 413 314. Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. H. Haris Mahmud, M.Si, dan Pembimbing II. Samsi Pomalingo. S.Ag. M.Ag. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran IPS tentang Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 72 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo tentang menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan hasil penelitian tindakan pada siklus I diperoleh dari 26 orang siswa yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 4 orang (19%), dan siswa yang mendapat nilai 7,5 ke bawah berjumlah 21 orang siswa (81%) dengan rata- rata hasil capaian 67,3%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana pada 26 orang siswa yang mendapat nilai 7,5 ke atas berjumlah 22 orang (84,6 %), sedangkan yang mendapat nilai 75 ke bawah berjumlah 4 orang (15,3%) dengan rata rata hasil capaian 89,9%, maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan Menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN 72 Kota Timur tentang menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan".. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pendekatan Konstruktivisme