MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI CAHAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELAS III SDN 2 INOMUNGA KECAMATAN KAIDIPANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Main Author: DEISY POTABUGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413306/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-energicahaya-melalui-metode-demonstrasi-di-kelas-iii-sdn-2inomunga-kecamatan-kaidipang-kabupaten-bolaangmongondow-utara.html
Daftar Isi:
  • Abstrak Inovasi guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan belajar IPA materi energi cahay. Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini taitu tentang Apakah hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demonstrasi? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: "Jika guru menggunakan metode demonstrasi, maka hasil belajar siswa pada materi energi cahaya di kelas III SDN 2 Inomunga Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan meningkat" Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata- rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 62.5%. Pada siklus II meningkat dengan ketuntasan 87.5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Energi Cahaya, Metode Demonstrasi.