Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Main Author: AFRILIA POLINTE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413304/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahankenampakan-bumi-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-example-nonexample-dikelas-iv-sdn-1-jambusarang-kabupaten-bolaang-mongondow-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Afrilia Polinte, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Sarson W,Dj Pomalato, M.Pd Pembimbing II Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM. Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi melalui model pembelajaran kooperatif Example Non Example Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Dikelas IV SDN 1 Jambusarang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan yang setiap siklus. Dari hasil refleksi pada setiap siklus baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai yang dicapai Dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 22 siswa atau 68.75%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa atau 31.25%. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 28 siswa atau 87.5%, sedangkan yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 12.5%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Perubahan Kenampakan Bumi, Pembelajaran Kooperatif Example Non Example.