Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bercerita Melalui Model Pembelajaran Example Non Example di Kelas 4 SD Negeri 1 Binjeita 1 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara
Main Author: | NORMA GOLOBA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413297/meningkatkan-kemampuan-siswa-dalam-bercerita-melalui-model-pembelajaran-example-non-example-di-kelas-4-sd-negeri-1-binjeita-1-kabupaten-bolaang-mongondow-utara.html |
Daftar Isi:
- Norma Goloba, NIM. 151413297. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bercerita Melalui Model Pembelajaran Example Non Example di Kelas 4 SD Negeri 1 Binjeita 1 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah " Apakah dengan menerapkan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Binjeita 1 ?' , dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita di kelas 4 SD Negeri 1 Binjeita 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis Observasi, tes, dokumentasi, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas 4 yang berjumlah 14 orang siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal, dari 14 orang siswa hanya 4 orang siswa atau sekitar 28,57% siswa yang mampu bercerita dengan baik dan benar. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan kemampuan bercerita hingga mencapai 50% atau 7 dari 14 orang siswa, pada pemberian tindakan siklus II terjadi lagi peningkatan kemampuan bercerita siswa yaitu menjadi 85,7% atau 12 dari 14 orang siswa. Dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Binjeita 1 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci : Kemampuan Bercerita, Example Non Example