Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utar

Main Author: ESTEFINA POLUAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413294/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-materikenampakan-permukaan-bumi-melalui-pendekatan-kontekstual-di-kelas-iiisdn-1-bigo-kecamatan-kaidipang-kabupaten-bolaang-mongondow-utar.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Estefina Poluan, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kenampakan permukaan bumi melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan tehni kdokumentasi. Dari hasil analisis baik nilai rata-rata maupun aktivitas siswa pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan. Data analisis hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai adalah 72. Dari 30 siswa yang terdapat Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 18 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang dicapai oleh 30 siswa kelas III adalah 82.83. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa atau 86.67% sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar sebanyak 4 siswa atau 13.33%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di Kelas III SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Kata Kunci: Kenampakan, Pendekatan Kontekstual.