Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Game Puzzle Kata Di Kelas I SDN No. 16 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Main Author: | HIRAWATI MOZIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413292/meningkatkan-kemampuan-siswa-membacanyaring-melalui-game-puzzle-kata-di-kelas-i-sdn-no-16-kota-barat-kotagorontalo-skripsi-program-studi-strata-1-jurusan-pendidikan-guru-sekolahdasar.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hirawati Mozin. 2014. "Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Game Puzzle Kata Di Kelas I SDN No. 16 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah melalui game puzzle kata kemampuan siswa membaca nyaring di kelas I SDN No. 16 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat ?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui game puzzle kata di kelas I SDN No. 16 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Berdasarkan observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa kemampuan belajar bahasa indonesia khususnya pada membaca nyaring masih rendah. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh dari guru kelas I bahwa dari jumlah 24 siswa yang diteliti, sebanyak 5 orang atau 20.8% sudah mampu membaca nyaring sedangkan sisanya sebanyak 19 orang atau 79.2% belum mampu membaca nyaring. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui game puzzle kata yaitu terdapat 7 siswa atau 29.2% yang dapat membaca nyaring, sedangkan 17 siswa atau 70.8% yang belum dapat membaca nyaring. Pada siklus II kemampuan siswa membaca nyaring melalui game puzzle kata yaitu 21 siswa atau 87.5% yang sudah dapat membaca nyaring, sedangkan 3 siswa atau 12.5% belum dapat membaca nyaring. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui game puzzle kata di kelas I SDN No. 16 Kota Barat Kota Go