Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Inquiry Terbimbing dikelas V SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato
Main Author: | NURDIN MOHI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413281/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-gaya-magnet-melaluimetode-inquiry-terbimbing-dikelas-v-sdn-11-randangan-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurdin Mohi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Inquiry Terbimbing dikelas V SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsisi, Program Studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas 5 SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian tindakan kelas(PTK).Latar penelitian berlokasi di SDN 11 Randangan Kabupaten Pohuwato dan subjeknya siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 laki- laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa dari 20 siswa yang dikenai tindakan 12 siswa atau 60% memperoleh nilai dibawah dari 80 sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II 18 siswa atau 90% yang memperoleh nilai 80 keatas, sehingga indikator telah tercapai dan tindakan pembelajaran diangap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui metode inquiry terbimbing hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Magnet, Metode Inquiry Terbimbing.