Meningkatkan Kecerdasan Emosional Sebagai Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Macth Pada Matapelajaran IPS Kelas II SDN 15 Kabila Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | AGUSTIN USMAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413265/meningkatkan-kecerdasan-emosional-sebagai-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-make-a-macth-pada-matapelajaran-ips-kelas-ii-sdn-15-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Agustin Usman. 2014.Meningkatkan Kecerdasan Emosional Sebagai Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPS Kelas II Sdn 15 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi S-1 Jususan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmiah Umar, M.Pd dan pembimbing II, Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan kecerdasan emosional sebagai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas II SDN 15 Kabila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional sebagai hasil belajar siswa melalui Moel Pembelajaran Make A Match pada mata pelajara IPS kelas II SDN 15 Kabila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional sebagai hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Make A Match pada mata pelajara IPS kelas II SDN 15 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus, yang bertujuan mendeskripsikan gambaran kemampuan kecerdasan emosional sebagai hasil belajar siswa melalui model prmbelajaran kooperatif make a macth pada matapelajaran IPS kelas II SDN 15 kabila kabupaten bone bolango. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan skor tes yang telah diisi oleh peserta didik masih 14 peserta didik (73,68%) dari 19 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran khususnya dalam mengoptimalkan kecerdasan emosionalnya dan pada siklus II menunjukkan 2 peserta didik yang belum mencapai indicator ketercapaian mata pelajaran IPS yaitu 70. Secara keseluruhan hasil rata-rata siklus 2 sebanyak 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macthkecerdasan emosional sebagai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas II SDN 15 Kabila meningkat. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, hasil belajar, Make A Macth,