Penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo

Main Author: ELPIRA MOKOAGOW
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
And
Iv
Sdn
11
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413246/penerapan-metode-sq3r-survey-question-read-recite-and-review-dalam-meningkatkan-kemampuan-membaca-pemahaman-pada-siswa-kelas-iv-sdn-11-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Elpira Mokoagow. 2017. Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review), dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review). Hasil observasi awal menunjukkan dari 30 jumlah siswa terdapat 12 siswa atau 40% yang mampu membaca pemahaman. Setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 56,7% , kemudian dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 83,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa melalui penerapan metode SQ3R kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode SQ3R.