Meningkatkan kemampuan siswa pada seni baca puisi melalui metode latihan di kelas V SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo
Main Author: | MARTA KOLINTAMA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413229/meningkatkan-kemampuan-siswa-pada-seni-baca-puisi-melalui-metode-latihan-di-kelas-v-sdn-2-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Marta Kolintama. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Seni Baca Puisi Melalui Metode Latihan Di Kelas V SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd,M.Si, dan pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Rumusan masalah, Apakah dengan mengunakan metode latihan kemampuan siswa pada seni baca puisi di kelas V SDN 2 Telaga Biru dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa pada seni baca puisi melalui metode latihan di kelas V SDN 2 Telaga biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi Pada awal observasi kemampuan anak pada seni baca puisi terdiri dari 10 orang siswa , siklus I sebesar 16 orang siswa dan pada siklus II 21 orang siswa dapat disimpulkan dengan melalui metode latihan , kemampuan siswa pada seni baca puisi melalui metode latihan di kelas V SDN 2 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat meningkat. Kata Kunci : Seni baca Puisi, Metode Latihan ABSTRAC Kolintama, Marta. 2018. Improving Students' Ability in Reading Poem through Practice Method at Grade V, Elementary School SDN 2 Telaga Biru, Gorontalo Regency, Gorontalo Province, Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Co-supervisor: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. The purpose of this research is to improve grade V students' reading poem ability through practice method, at Elementary School SDN 2 Telaga Biru, Gorontalo Regency; it is formulated based on the problem statement of research. This classroom action research consisted of two cycles, and employed observation to collect the data. The preliminary observation reveals than ten students have goog reading poem ability. This number is increased to 16 students in cycle I. Furter, it significantly results ini an improvement in which as many as 21 students can perfom such a in reading poem in the research area. Keywords: Reading Poem, Practice Method