MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SDN NO. 86 KOTA TENGAH

Main Author: IRAWATI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Ipa
Di
V
Sdn
No.
86
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413166/meningkatkan-hasil-belajar-peserta-didik-pada-mata-pelajaran-ipa-materi-sifat-sifat-cahaya-melalui-model-project-based-learning-di-kelas-v-sdn-no-86-kota-tengah.html
Daftar Isi:
  • Irawati. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Project Based Learning Di Kelas V SDN No.86 Kota Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) hasil belajar peserta didik tentang sifat-sifat cahaya pada pembelajaran IPA di kelas V SDN No.86 Kota tengah dapat meningkat? Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya pada pembelajaran IPA di kelas V SDN No.86 Kota Tengah dengan menggunakan model PjBL. Jenis penelitian digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 10 orang dengan presentase 55,56 %. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjut siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, peserta didik memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 18 orang dengan presentase 100%. Hasil pada siklus II ini bahwa dengan menggunakan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN No.86 Kota Tengah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-Sifat Cahaya, Model PjBL