PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS III SDN 3 TELAGA KAB.GORONTALO

Main Author: ABDUL JAFAR GUNIBALA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Pkn
Di
Iii
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413157/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-numbered-heads-together-nht-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-iii-sdn-3-telaga-kabgorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abdul Jafar Gunibala. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran PKN dikelas III B SDN 3 Telaga Kab.Gorontalo. Skripsi. Jurusan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar,M.Pd dan Pembimbing II Hj.Nurhayati Tine,S.PdI.M.HI. Rumusan Masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Numberd Heads Together (NHT) pada pembelajaran PKn di kelas III SDN 3 Telaga Kab.Gorontalo. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif Numberd Heads Together (NHT) pada pembelajaran PKn di kelas III B SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta tehnik analisis data yang digunakan bersifat induktif. dengan subjek penelitian berjumlah 21 siswa dan guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan data, proses pembelajaran di kelas ini guru telah melakukan langkah-langkah pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Guru membagi siswa dalam lima kelompok dengan cara siswa diminta berhitung sampai angka 5. Kemudian siswa dengan angka yang sama menjadi satu kelompok dan siswa diberikan nomor berdasarkan kelompoknya. Guru memberikan tugas dengan menjelaskan terlebih dahulu materi yang dibahas. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan tugas yang diberikan. Masing-masing kelompok dipanggil dengan nomor kemudian memaparkan hasil laporannya. Kemudian diminta untuk menanggapi laporan dari kelompok yang berada di depan kelas. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil pembahasan serta materi yang dibahas. Berdasarakan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di Simpulan Bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kelas III B pada mata pelajaran PKn di SDN 3 Telaga Kab.Gorontalo dan dianggap mampu meningkatkan partisipasi siswa di dalam kelas. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Pembelajaran PKn, SDN 3 Telaga