PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS III SDN 2 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RIKA ABD. RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
A
Pkn
Iii
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413093/penerapan-model-pembelajaran-make-a-match-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-kelas-iii-sdn-2-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rika Abd Rahman, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Adapun masalah dalam penelitian ini dirumuskan yakni : Apakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo" sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran Make A Match Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I dan siklus II model pembelajran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini terlihat pada siklus I bahwa jumlah siswa yang telah memenuhi KKM mencapai 63%. Namun setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 96%. Hal ini dapat pula dimaknai bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 33%, sehingga hipotesis penelitian tindakan kelas ini terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Make A Match, Pendidikan Kewarganegaraan PKn.