Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | LIA NOVIANA PAKAYA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413068/penerapan-model-pembelajaran-inquiri-dalam-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-v-sdn-05-tilongkabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lia Noviana Pakaya, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN No. 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil belajar siswa pada siklus I, sebesar 33% dan pada siklus II sebesar 90%. Dari keseluruhan tindakan pada penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil apabila hasil dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Sehingga dapat membawa kearah peningkatan proses pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Inquiri, Hasil Belajar, Pembelajaran PKn