Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Visual di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango

Main Author: NURAIN MUCHTAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Di
V
Sdn
13
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413034/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-puisi-melalui-media-visual-di-kelas-v-sdn-13-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurain Muchtar, 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Media Visual di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain,S.Pd,M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui media visual di kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis puisi melalui media visual di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango termasuk dalam kriteria baik hal ini ditunjukkan dengan nilai hasil tes kemampuan siswa pada siklus I, dimana siswa yang mampu ada 6 siswa atau sebesar 33% dan sisanya 12 siswa atau sebesar 67% tidak mampu. Pada siklus II siswa yang mampu 16 siswa atau sebesar 89% dan sisanya 2 siswa atau sebesar 11% tidak mampu. Kesimpulannya melalui penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi di kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Puisi, Media Visual