Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dengan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Student Teams Acivement Devision (STAD) pada pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango

Main Author: SITI MARYAM YAHYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Pkn
Di
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413032/peran-guru-dalam-membentuk-karakter-siswa-dengan-model-pembelajaran-koopertif-tipe-student-teams-acivement-devision-stad-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-iv-sdn-2-suwawa-kabupaten-bonebolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Maryam Yahya. 2017. Peran guru dalam membentuk karakter siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams acivement devision pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Suwawa Kabupaten Bonebolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Nuhayati Tine, S.PdI, M.HI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams acivement devision (STAD) pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 2 Suwawa Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah dilakukan dengan baik, yakni dengan cara mebimbing siswa dalam belajar mengajar, melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atas materi yang tidak dimengerti, menggunakan media pembelajran yang berkaitan dengan materi, dan mengadakan tanya jawab tentang kejelasan materi. Karakter-karakter yang dibentuk yakni karakter jujur, disiplin, toleransi, kerja sama, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa guru tidak seharusnya menempatkan diri sebagai aktor yang dilihat dan didengar oleh peserta didik tetapi guru seyogyanya berperan sebagai sutradara yang mengarahkan peserta didik dapat melakukan dan menemukan sendiri hasil belajarnya. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif