MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBAT DI KELAS V SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | SRI AWINDI BENTU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151413026/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-pkn-melalui-strategi-pembelajaran-active-debat-di-kelas-v-sdn-4-telaga-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sri Awindi Bentu. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Active Debate Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan mengunakan staregi pembelajaran active debate dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas 5 SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo"?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui staregi pembelajaran active debate di kelas 5 SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo Dari hasil observasi awal menunjukkan dari 35 jumlah siswa terdapat 11 orang siswa atau 31 % yang tuntas dan 24 siswa atau 68% yang tidak tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 31% atau 11 orang siswa yang tuntas meningkat menjadi 48% atau 17 orang siswa yang tuntas dan 24 siswa atau 68%yang masi belum tuntas mengalami penurunan menjadi 51% atau 18 orang siswa yang belum tuntas. Kemudian Pada siklus II terjadi perubahan yang lebih baik lagi dimana dari 18 orang siswa atau 51% yang belum tuntas mengalami penurunan menjadi 2% atau hanya 1 orang siswa yang mengalami belum tuntas dan dari 17 orang siswa atau 48 % yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 97% atau 34 orang siswa yang sudah tuntas. Kata Kunci : Motivasi, Belajar Siswa, PKn ABSTRACT Sri Awindi Bentu. 2017. Improving Student' Learning Motivation In Civics Education Learning by Applying Active Debate Learning Strategy at Grade V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo. Skripsi, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Elmia Umar, M.Pd and Co-supervisor is Nurhayati Tine, S.Pd.I,M.H.I Problem statement of this research is whether or not by applying Active Debate learning Strategy, students' learning achievement at Grade V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo can be increased. It aims at improving students' learning motivation in civics education learning by Applying Active Debate Learning Strategy at grande V in SDN 4 Telaga, District of Gorontalo. In initial observation, there are 11 student or 31% out of 35 students who have been complete while 24 students or 68% who have not been complete. In cycle I, there are 17 students or 48% who have been complete and 18 students or 51% who have not to 34 students or 97 % and those who have not been complete yet decrease to 1 studentt or 2% Keywords : Motivation, Learning Achievement, Civics Education