Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: ZARKIYAH BOTUTIHE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412408/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-energipanas-melalui-metode-demonstrasi-di-kelas-iv-sdn-1-tolinggula-ulukabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zarkiyah Botutihe.2014.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nengeri Gorontalo . Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Rumusan permasalahan dalam penulisan ini adalah: "Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara. Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II sejumlah 21 orang siswa atau sebesar 93.3% dari hasil kondisi awal 31.18%. dan siklus I 63.6% Sedangkan siswa yang belum mencapai target sejumlah 1 orang atau 4.6%. Dari data hasil siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tersebut melebihi target indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 22 orang dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa: 1). Hasil belajar siswa pada materi energi panas di Kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi, yang ditunjukan dengan indikator kinerja, yakni: minimal 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai KKM 70 dengan rincian perolehan sebagai berikut: kondisi awal 31.18%, siklus I meningkat menjadi 63.6%, dan siklus II meningkat menjadi 95.4%. Kata Kunci: Hasil Belajar Dan Metode Demonstrasi