Meningkatkan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengenal Permasalahan Sosial Di Daerahnya Pelajaran IPS Melalui Model PBM Kelas IV SDN 03 Mananggu Kabupaten Boalemo
Main Author: | LINA ISA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412404/meningkatkan-pemahaman-dan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-mengenal-permasalahan-sosial-di-daerahnya-pelajaran-ips-melalui-model-pbm-kelas-iv-sdn-03-mananggu-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- Lina Isa.2014.Judul Penelitan "Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa, pada materi mengenal permasalahan sosial didaerahnyapelajaran IPS melalui PBM Kelas IV SDN 09 Mananggu, kabupaten Boalemo". Skripsi. Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag.MA Rumusan masalah " Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi " Mengenal Permasalahan sosial didaerahnya, Pelajaran IPS di kelas IV SDN 03 Mananggu, kabupaten Boalemo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pada siklus 1 pemahaman dan hasil belajar siswa sebesar 30%, pada siklus 2 meningkat menjadi 76%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 75% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa SDN 03 Mananggu. Kata Kunci : Pemahaman dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah