Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Gaya di Kelas V SD Negeri 70 Kota Timur Kota Gorontalo
Main Author: | ZULKIFLI R. DIPURA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412397/meningkatkan-hasil-belajar-peserta-didik-melalui-model-pembelajaran-langsung-pada-materi-gaya-di-kelas-v-sd-negeri-70-kota-timur-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK ZULKIFLI R DIPUIRA, 2014. " Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Gaya di Kelas V SD Negeri 70 Kota Timur Kota Gorontalo". Skripsi, Progaram Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham S.Pd. M.Si dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si Penelitian ini menjawab permasalahan tentang apakah hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 70 Kota Timur pada materi gaya akan meningkat jika diterapkan model pembelajaran langsung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 70 Kota Timur, Kota Gorontalo melalui model pembelajaran langsung . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Objek penelitian sejumlah 29 orang peserta didik yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki, dan 15 orang peserta didik perempuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembaran pengamatan aktifitas guru, lembaran pengamatan aktifitas peserta didik , dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai peserta didik pada siklus I adalah 79,65% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran yang dinilai melaui aktifitas guru mengalami peningkatan dari 81,25% pada siklus I, menjadi 100% pada siklus II. Aktifitas peserta didik pada siklus I hanya 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa model pembelajan langsung dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 70 Kota Timur Kota Gorontalo. Kata Kunci : Pembelajaran, Model, Gaya