Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Mengenai Perkembangan Teknologi Dengan Menggunakan Model JIGSAW Pada Siswa Kelas IV SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo

Main Author: DAUD P. USULY
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Ips
Iv
Sdn
No.
87
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412390/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dalam-mata-pelajaran-ips-mengenai-perkembangan-teknologi-dengan-menggunakan-model-jigsaw-pada-siswa-kelas-iv-sdn-no-87-kota-tengah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK DAUD P. USULY, NIM. 151 412 390. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Mengenai Perkembangan Teknologi Dengan Menggunakan Model JIGSAW Pada Siswa Kelas IV SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model jigsaw hasil belajar siswa dan materi perkembangan teknologi pada pelajaran IPS di kelas IV A SDN No. 87 Kota Tengah dapat di tingkatkan. Adapun tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS mengenai perkembangan teknologi dengan menggunakan model JIGSAW pada siswa kelas IV SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 82% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa kelas IV SDN NO. 87 Kota Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan pada siklus 1 Dari hasil tes unjuk kerja yang diikuti oleh 28 orang siswa yang memperoleh nilai ketuntasan berjumlah 14 orang atau 50%, dan yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 14 orang siswa atau 50%. Pada Siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan berjumlah 24 orang atau 85,7%, dan yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 4 orang siswa atau 14%. Dengan demikian penelitian ini tidak akan dilanjutkan pada siklus selanjutnya, karena telah mencapai indicator yang telah ditetapkan yaitu 82%. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan model jigsaw telah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Jigsaw, Perkembangan Teknologi