Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah Melalui Pendekatan Lingkungan Di Kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Main Author: JUNIARTI MUHAMAD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Ips
Di
I
Sdn
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412385/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-ips-materi-lingkungan-rumah-melalui-pendekatan-lingkungan-di-kelas-i-sdn-3-momalia-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html
Daftar Isi:
  • Juniarti Mohamad. 2013. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah Melalui Pendekatan Lingkungan Di Kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud. S.Pd, M.Si dan Bapak Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi lingkungan rumah siswa kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus di kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan melalui 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal hanya sebanyak 7 siswa (35%) yang memiliki motivasi belajar baik. Saat dilakukan tindakan siklus I diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 11 siswa (55%) yang memiliki motivasi belajar baik yang ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerja sama siswa tersebut. Pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada materi tentang lingkungan rumah hingga mencapai 17 siswa (85%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS Materi Lingkungan Rumah di kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Oleh karena itu hipotesis yang berbunyi Jika dengan pendekatan lingkungan diterapkan maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi tentang lingkungan rumah pelajaran IPS siswa kelas I SDN 3 Momalia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Pendekatan Lingkungan