Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Demonstrasi dikelas V SDN 1 Tolinggula Ulu
Main Author: | RIANTO TAMRIN MOKO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412377/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-padamateri-gaya-magnet-melalui-metode-demonstrasi-dikelas-v-sdn-1-tolinggulaulu.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rianto Tamrin Moko.151 412 377 Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Demonstrasi dikelas V SDN 1 Tolinggula Ulu. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr.Lukman AR Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM, Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Tujuannya untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Tolinggula Ulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (53,33%), siklus II (84,88%), Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap Aktivitas Belajar Siswa SDN 1 Tolinggula Ulu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata kunci : Aktivitas Belajar, dan Metode Demonstrasi.