Judul Penelitian "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas III SDN 01 ManangguKabupatenBoalemo

Main Author: KASMA LAKORO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ips
Iii
Sdn
01
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412358/judul-penelitian-quotmeningkatkanhasil-belajar-siswa-pada-pelajaran-ips-melalui-model-pembelajarankooperatif-tipe-jigsaw-kelas-iii-sdn-01-mananggukabupatenboalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK KASMA LAKORO. Nim; 151 412 358 Judul Penelitian "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas III SDN 01 ManangguKabupatenBoalemo". Skripsi. Drs.H.HarisMahmud,M.Si dan Ibu Nurhayati Tine,S.Pdi.,M.Hiselaku pembimbing I dan Pembimbing II. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa tentang tema Kegemaran Kelas III di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegemaran melalui model pembelajaran Jigsaw Kelas III di SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK).PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil belajar siswa dalam tiga aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerjasama secara signifikan dalam pembelajaran IPS Materi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada pelajaran IPS pada siswa kelasIII SDN 01 Mananggu setelah diadakan tindakan melalui 1 dan2 siklus pada penelitian ini. Pada observasi awal hanya sebanyak 12 siswa (34%) yang memiliki hasil belajar baik. Saat dilakukan penindakan pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa menjadi 23 siswa (66%) yang memiliki hasil belajar baik yang ditunjukkan dengan peningkatan pada aspek kepercayaan diri, keberanian dan kerjasama siswa tersebut. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang pada pelajaran IPS hingga mencapai 29 siswa (83%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang di lakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS materi Jenis Pekerjaan dan Penggunaan uang pada pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa Kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boaemo meningkat. Kata Kunci ;Hasil Belajar dan Model Jigsaw