Meningkatkan kreativitas Belajar Siswa pada materi Mengenal penggunaan uang Melalui Media visual di kelas III SADN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo

Main Author: SAMSUDIN DJAENA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iii
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412354/meningkatkan-kreativitas-belajar-siswa-pada-materi-mengenalpenggunaan-uang-melalui-media-visual-di-kelas-iii-sadn-10-mananggu-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Samsudin Djaena 2014 "Meningkatkan kreativitas Belajar Siswa pada materi Mengenal penggunaan uang Melalui Media visual di kelas III SADN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo "Skripsi,Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-I PGSD Universitas Negeri Gorontalo,Pembimbing I Dra.Hj Hakop Walangadi M.Si Pembimbing II Muchtar Ahmad S.Pd ,M.Si Rumusan penelitian "Apakah melalui media pembelajaran Visual dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi Mengenal Penggunaan uang di kelas IIISDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo ?" tujuan di laksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi mengenal penggunaan uang di kelas III SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo melalui media Visual Hasil pengamatan kreativitas siswa pada siklus II dapat di jelaskan bahwa dari keempat Aspek yang diamati di peroleh data untuk memiliki rasa ingin tahu terdapat 16 atau 70 % siswa yang berada pada kategori sering 5 atau 22 % berada pada kategori kadang -kadang 2 atau 8 % berada pada kategori tidak pernah . Kemudian untuk aspek sering mengajukan pertanyan yang serius di peroleh 17 atau 74 % berada pada kategori sering ,4 atau 18 % berada pada kategori kadang-kadang dan 2 atau 8 % siswa beradapada kategori tidak pernah .Selanjutnya pada aspek memberikan banyak gagasan terdapat 16 atau 70 % berada Pada kategori sering ,2 atau 8 % siswa berada pada kategori kadang-kadang 5 atau 22 % berada pada kategori tidak pernah . dan pada akhirnya untuk aspek mampu mengajukan Pendapat secara spontan 14 atau 61 % siswa berada pada kategori sering ,5 atau 22 % siswa berada pada kategori kadang-kadang dan 4 atau 17 % siswa berada pada kategori tidak pernah .untuk nilai siswa sebanyak 18 atau 78 % yang memperoleh nilai >75 dengan Kategori tuntas sebanyak 18 atau 78 %,sedangkan sisanya sebesar 5 atau 26 % berada pada Kategori tidak tuntas. Dengan demikian dapat di simpukan bahwa penerapan media pembelajaran visual dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa baik secara individu maupun kelompok terutama pada materi mengenal penggunaan uang sesuai kebutuhan pada pelajaran ilmu pengetaguan sosial di kelas III SDN 10 Mananggu artinya hipotesis dapat diterima Kata Kunci : Kemampuan kreativitas Media Visual