Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | LILI DUNCE DIKO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412344/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pelajaran-pkn-materi-sistem-pemerintahan-pusat-melalui-penerapan-model-pembelajaran-talking-stick-di-kelas-iv-madrasah-ibtidaiyah-mi-kecamatan-tolinggula-kabupatengorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lili Dunce Diko. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Zulaiha Ngiu M,Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo S.Ag. M,A Permasalahan dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70%. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses Melalui Model Talking Stick dapat meningkatkan motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan Model Talking Stick ketuntasan hanya berjumlah 4 orang atau sebesar 40%, pada siklus I meningkat menjadi 6 orang atau sebesar 60% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 9 orang atau ketuntasan sebesar 90%. Dengan demikian bahwa Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Talking Stick dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sistem Pemerintahan Pusat, Model Talking Stick.