Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Makna Kata Melalui Membaca Teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato

Main Author: KALSUM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Iv
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412330/meningkatkan-kemampuan-siswa-menentukan-makna-katamelalui-membaca-teks-di-kelas-iv-sdn-1-trikora-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Kalsum. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Makna Kata Melalui Membaca Teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato. Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd,dan Pembimbing II Dra. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah kemampuan siswa menentukan makna kata melalui membaca teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan siswa menentukan makna kata dengan menggunakan membaca teks di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 18 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 18 orang jumlah siswa, terdapat 11 siswa atau 61% memperoleh nilai dari 70 ke atas. sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, Dari 18 orang jumlah siswa, terdapat 15 siswa atau 83% memperoleh nilai dari 70 ke atas hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan kemampuan menentukan makna kata di kelas IV SDN 1 Trikora Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui Membaca teks. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Makna kata, Membaca teks