Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di Kelas III SDN 12 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo
Main Author: | RAHMAWATI HAMZAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412327/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-padamateri-gerak-benda-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iii-sdn-12-botumoitokecamatan-botumoito-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rahmawati Hamzah, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di Kelas III SDN 12 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo" Oleh Lukman AR. Laliyo, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Benda melalui Metode Eksperimen di Kelas III SDN 12 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan tindakan, Tahap pemantauan dan evaluasi, Tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SDN 2 Botumoito. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kegiatan siklus 1 pada tiga aspek yaitu: Menyebutkan berbagai gerak benda (berputar, menggelinding, memantul, jatuh, meluncur, mengalir), Menyebutkan contoh dari berbagai gerak benda yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, serta menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran mencapai 46.15 atau 12 orang berada pada kategori tuntas meningkat pada kegiatan siklus II dengan hasil capaian 84.62 atau 22 orang berada pada kategori tuntas. Dengan demikian hipotesis penelitian, Jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa materi gerak benda Kelas III SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo tentu akan meningkat. Telah terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen