Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi melalui Gambar di Kelas III SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo
Main Author: | LINDA HAIPI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412322/meningkatkan-kemampuan-siswa-menulis-puisi-melalui-gambardi-kelas-iii-sdn-12-botumoito-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Linda Haipi. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi melalui Gambar di Kelas III SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui gambar di kelas III SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Kemampuan siswa dalam menulis puisi telah mengalami peningkatan. Pada siklus I jumlah siswa yang memiliki kemampuan hanya berjumlah 13 orang (50%), pada siklus II meningkat menjadi 22 orang (85%). kemampuan pada aspek kemampuan siswa menyesuaikan isi gambar dengan puisi pada siklus I sebanyak 8 orang (31%) sementara pada siklus II meningkat menjadi 21 orang (81%). kemampuan pada aspek kemampuan keruntutan isi puisi itu sendiri menggunakan pilihan kata siklus I sebanyak 3 (15%) orang sementara pada siklus II meningkat menjadi 21 orang (81%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian tindakan kelas, ternyata penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.Melihat data tentang kemampuan belajar siswa siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa Kelas III SDN 12 Botumoito Kabupaten Boalemo. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa jumlah siswa yang telah memiliki kemampuan menulis puisi hanya mencapai 74%. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, jumlah siswa yang memiliki kemampuan menulis puisi meningkat menjadi 85%. Dengan pengertian siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 11%. Kata Kunci : Menulis Puisi, Media Gambar