Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Benda-Benda Dengan Kalimat Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa diKelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo

Main Author: NANIH YUNINGSIH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Ii
Sdn
91
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412313/meningkatkan-kemampuan-menulis-deskripsi-benda-benda-dengan-kalimat-sederhana-melalui-metode-pemberian-tugas-pada-siswadikelas-ii-sdn-91-sipatana-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nanih Yuningsih 2014 Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Benda-Benda Dengan Kalimat Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa diKelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah kemampuan menulis deskripsi benda - benda dengan kalimat sederhana dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas pada siswa di kelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo?" . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi benda - benda dengan kalimat sederhana melalui metode pemberian tugas . Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi . Berdasarkan hasil observasi awal kemampuan yang diperoleh siswa berjumlah 6 orang atau sebesar 40 % dari jumlah 15 orang. pada siklus I meningkat menjadi 9 orang atau sebesar 60 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 14 orang atau sebesar 93 .33 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Pemberian Tugas dapat meningkatkan kemampuan menulis deskr ipsi benda - benda dengan kalimat sederhana di Kelas II SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo . Kata Kunci: Menulis, Deskripsi Benda - Benda, Kalimat Sederhana , Metode Pemberian Tugas .