Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato
Main Author: | MUNAWIR DULMAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412308/meningkatkan-hasil-belajarsiswa-pada-pelajaran-ips-materi-perjuangan-dalam-mempertahankankemerdekaan-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-dikelas-v-sdn-6-marisa-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Munawir Dulman, 2014. Judul penelitian"Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato" dibawah Bimbingan Bapak Drs. H. Haris Mahmud.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran IPS materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan melalui model pembelajaran tipe STAD di kelas V SDN 6 Marisa Kabupaten Pohuwato. Hasil evaluasi belajar siswa dalam pada siklus I menunjukkan hasil evaluasi belajar siswa tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 70% adalah sebanyak 21 orang siswa atau 73% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 8 orang siswa atau 27%. Hal ini berarti bahwa belajar siswa khususnya pada pelajaran IPS, sementara beberapa siswa belum mencapai kriteria KKM yang diharapkan. Hasil evaluasi belajar pada siklus II untuk meningkatkan pembelajaran pada siklus II tentang hasil belajar menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pencapaian diatas ketuntasan pembelajaran 75% adalah sebanyak 25 orang siswa atau 90% dan siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pembelajaran rendah 3 orang siswa atau 10%. Dengan demikian dari 29 orang siswa, terdapat 26 orang siswa atau 90% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Perjuangan Dalam mempertahankan Kemerdekaan pelajaran IPS atau dapat melebihi kriteria yang telah ditetapkan sebesar 75%, sementara 3 orang siswa atau 12% belum mencapai kriteria tuntas dalam hasil belajarnya. Berdasarkan temuan ini pula jelas bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi "Jika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diterapkan pada IPS, maka hasil belajar siswa meningkat SD Negeri 6 Marisa Kelas V Kabupaten Pohuwato".dapat diterima. Kata Kunci; Hasil Belajar dan Model Pembelajaran STAD