MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN 08 MARISA KABUPATEN POHUWATO

Main Author: YUSNI BOTUTIHE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Iv
Sdn
08
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412286/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-iv-sdn-08-marisa-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Yusni Botutihe. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 13 orang atau 54.17%,yang belum tuntas berjumlah 11 orang atau 45.83% dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 20 orang atau 83.33% dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang atau 16.67%. Hal ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar siswa tentang materi membaca peta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran STAD aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dan dengan penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 08 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.