Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Lancar Melalui Kartu Kalimat di Kelas I SDN 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo
Main Author: | INDRA GANDI ELO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412278/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-lancar-melaluikartu-kalimat-di-kelas-i-sdn-2-paguyaman-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indra Gandi Elo. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Lancar Melalui Kartu Kalimat di Kelas I SDN 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca lancar melalui kartu kalimat di kelas I SDN 2 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian observasi awal hanya terdapat 7 orang siswa (30.4%) yang mampu membaca lancar. Selebihnya masih ada sekitar 16 orang siswa (69.6%) yang berada pada kategori belum mampu membaca tindakan kelas bahwa setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti indikator kinerja yang ditetapkan berhasil yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang mampu dalam menyampaikan pesan. Pada siklus 1 hanya sebanyak 15 siswa (65.22% ) meningkat. Pada siklus 2 menjadi 20 orang siswa (86.96%) siswa. Sedangkan 3 atau (13.04%) siswa merupakan jumlah siswa yang kurang mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan kartu kalimat secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Dengan demikian peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan kartu kalimat kemampuan siswa membaca lancar kelas I SDN 2 Paguyaman dalam membaca lancar dapat diterima. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Lancar, Kartu Kalimat