Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo
Main Author: | HADIJAH LAMATO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412267/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-materi-menghargai-jasa-dan-peranan-tokoh-perjuangan-kemerdekaan-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-di-kelas-v-sdn-77-kota-tengah-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Hadijah Lamato : 151 412 267. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan Kemerdekaan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd M.Si Masalah penelitian ini yaitu Apakah motivasi belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang kemerdekaan dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas 5 SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang kemerdekaan dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas 5 SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan observasi awal, motivasi belajar siswa yang diperoleh masih kurang dari nilai ketuntasan 75% yaitu 11 orang siswa dengan prosentase 34% yang motivasi belajarnya baik, sedangkan 21 orang siswa kelas V dengan prosentase 66% daya serap dan motivasi belasajar siswa cenderung rendah. Hasil tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mengalami peningkatan dalam motivasi belajar sebanyak 20 orang atau sebesar 65% dan 12 orang siswa atau 37% lagi yang masih perlu ditingkatkan hasil belajarnya. Sementara pada siklus II menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam motivasi belajar sebanyak 28 orang atau sebesar 87% dan hanya lebih kurang 4 orang siswa atau 13% lagi yang masih mengalami kesulitas belajar yang dipengaruhi oleh factor lainnya. Dan penelitian tidak perlu dilanjutkan karena telah memenuhi nilai ketuntasan diatas 75%. Hipotesis penelitian diterima menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam materi menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang kemerdekaan di kelas 5 SDN 77 Kota Tengah, maka motivasi belajar siswa akan meningkat", terbukti dalam penelitian hasilnya dapat diterima. Kata Kunci : Motivasi, Belajar, model STAD