Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Perubahan Bumi melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Main Author: ANDI BOTUTIHE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Non
Di
Iv
Sdn
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412260/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-kenampakan-perubahan-bumi-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-example-non-example-di-kelas-iv-sdn-2-meyambanga-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html
Daftar Isi:
  • Andi Botutihe. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Perubahan Bumi melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi program PPKHB, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian adalah apakah hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi dapat ditingkatkan bila digunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi melalui model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, data diambil secara deskriptif. Instrument pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Jika guru menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example maka hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi siswa kelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meningkat? Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan perubahan bumi dikelas IV SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Kata Kunci: Hasil Belajar, Kenampakan Perubahan Bumi, Model Pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example