Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Materi tentang Jual Beli di Lingkungan Sekolah Melalui Metode Pemberian Tugas di SDN 09 kecamatan Mananggu kabupaten Boalemo
Main Author: | SUARNI ARBABU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412253/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-materi-tentang-jual-beli-di-lingkungan-sekolah-melalui-metode-pemberian-tugas-di-sdn-09-kecamatan-mananggu-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah "apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan materi tentang jual beli di lingkungan sekolah kelas III SDN 09 Mananggu kabupaten Boalemo?" tujuan penelitian ini adalah dengan materi tentang jual beli di lingkungan sekolah, kelas III SDN 09 Mananggu. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Hasil kegiatan penelitian tindakan kelas ini menetapkan indikator keberhasilan dari hasil belajar yang teramati telah menghasilkan dalam belajar, dimana pada siklus kedua proses perubahan belajar meningkat dengan baik dengan prosentasi akhhir sebesar 88% atau 21 orang dari 24 siswa yang tingkat hasil belajarnya mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa materi tentang jual beli di lingkungan sekolah melalui metode pemberian tugas di SDN 09 Kecamatan Mananggu. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " Jika digunakan metode pemberian tugas maka hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan" dinyatakan diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Pemberian Tugas