Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 14 Botumoito

Main Author: FADLI ILAHUDE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Iv
Sdn
14
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412252/meningkatkan-pemahaman-siswa-tentang-materi-bentuk-energidan-cara-penggunaannya-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-dikelas-iv-sdn-14-botumoito.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fadli Ilahude 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 14 Botumoito. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM, dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya pemahaman siswa di kelas IV SDN 14 Botumoito dapat ditingkatkan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 14 Botumoito. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka pemahaman siswa pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya di kelas IV SDN 14 Botumoito akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui model pembelajaran tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito, meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Bentuk Energi, Pembelajaran Kooperatif Zigsaw.