Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | AGUSALIM KEDE LAJAMBU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412248/penggunaan-media-audio-visual-dalammeningkatkan-prestasi-belajar-siswa-pada-tema-indahnya-negeriku-matapelajaran-ips-kelas-iv-sdn-1-tolango-kecamatan-anggrek-kabupatengorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Agusalim Kede Lajambu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan melalui media audio visual prestasi belajar siswa pada tema indahnya negeriku mata pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara akan meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema indahnya negeriku melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang pada observasi awal siswa dari 24 orang siswa 6 orang siswa mempeoleh nilai 70 ke atas dengan capaian persentase 25 %, sedangkan 18 orang siswa memperoleh nilai 70 ke bawah dengan capai persentase 75 %. Daya serap yang diperoleh dari rata-rata hasil perolehan nilai yaitu 57 %. Pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat yakni dari 24 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau sebanyak 62 %, 9 orang atau 37 % memperoleh nilai 70 ke atas dan daya serap yang dicapai dari keseluruhan yakni 62 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 24 orang siswa 21 orang atau 87 % memperoleh nilai 70 ke atas dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Audio Visual