Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
Main Author: | SUMIATI MANTAWALI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412236/meningkatkan-pemahaman-siswa-tentang-perubahan-lingkungan-fisik-terhadap-daratan-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iv-sdn-1-momalia-kecamatan-posigadan-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html |
Daftar Isi:
- Sumiati Mantawali. 2013. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Perubahan Lingkungan Fisik terhadap Daratan Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman AR. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan Pembimbing II Meylan Saleh, S,Pd. M.Pd . Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan fisik terhadap daratan di Kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Jika guru menggunakan metode eksperimen maka pemahaman siswa tentang perubahan lingkungan fisik terhadap daratan di kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan telah terbukti. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perubahan lingkungan fisik terhadap daratan melalui di Kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan, Metode Eksperimen