Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Model Number Head Together Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato
Main Author: | IRA LANTOWA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412235/meningkatkan-kemampuan-siswa-berbicara-melalui-model-number-head-together-kelas-ii-sdn-2-karya-baru-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- Ira Lantowa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Model Number Head Together Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Bimbingan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model number head together dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1secara klasikal menunjukkan sudah mampu bercerita hanya 9 orang 60% . Sedangkan 6 orang siswa atau 40% yang belum mampu bercerita, atau berada di bawah indikator kinerja yang telah ditetapkan. Adapun pada siklus 2 meningkat menjadi 12 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu bercerita sebesar 80%. Sedangkan 3 orang siswa atau 20% yang belum mampu dalam bercerita Sehingga hipotesis Jika guru menggunakan model Number Head Together dalam pembelajaran bahasa indonesia, maka dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru telah terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Model Number Head Together