Meningkatkan Pemahaman Konsep Pencerminan Bangun Datar Melalu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Main Author: OLAN M. LASENA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
A
Iv
Sdn
28
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412232/meningkatkan-pemahaman-konsep-pencerminan-bangun-datar-melalu-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-a-match-pada-siswa-kelas-iv-sdn-28-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • OLAN M LASENA. 2013. Meningkatkan Pemahaman Konsep Pencerminan Bangun Datar Melalu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Perry Zakaria, M.Pd. Pembimbing II Bapak Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman konsep pencerminan bangun datar dapat meningkat dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siswa kelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pencerminan bangun datar melalui Model Pembelajaran Tipe Make A Match pada siswa kelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match maka pemahaman konsep pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang hasil belajarnya telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran Matematika yang telah ditetapkan yakni 70 sebanyak 11 siswa dengan presentase (45,83%). Sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 20 siswa dengan presentase 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pemahaman konsep pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Pencerminan, Bangun Datar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.