Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode Diskusi diKelas IV SD Negeri1 Momalia Kab. Bolmong Selatan

Main Author: SUHARTIN LAGINTA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Iv
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412230/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-sumber-daya-alam-melalui-metode-diskusi-dikelas-iv-sd-negeri1-momalia-kab-bolmong-selatan.html
Daftar Isi:
  • Suhartin Laginta.2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Metode Diskusi diKelas IV SD Negeri1 Momalia Kab. Bolmong Selatan Skripsi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr.H. Abdul Haris PanaI,S.Pd.M.Pd, pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta,S.Pd.M.Pd. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah :Apakah penggunaan metode diskusi pada materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN 1 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam dengan metode diskusi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Momalia Kab. Bolmong Selatan. Berdasarkan kajian teori maka dapat dirumuskan hipotesis tindakanya itu jika dalam pembelajaran guru menggunakan metode diskusi maka hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Momalia Kab. Bolmong Selatan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator kinerja yang telah di tetapkan. Berdasarkan hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi pada materi sumber daya alam hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Momalia Kabupaten Bolmong Selatan meningkat. Kata Kunci : Metode diskusi meningkatkan hasil belajar siswa