Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN 08 Lemito Kabupaten Pohuwato

Main Author: HASNA ABAS
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Dan
Iv
Sdn
08
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412227/meningkatkan-kemampuan-bercerita-dan-menulis-melalui-metode-karya-wisata-kelas-iv-sdn-08-lemito-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasna Abas. 2014. Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN 08 Lemito Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis di Kelas IV SDN 08 Lemito Kabupaten Pohuwato. Disamping itu, yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN 08 Lemito Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada observasi . Pada siklus I secara klasikal terdapat 14 orang siswa atau 70% mampu bercerita dan menulis. Pada siklus II kemampuan siswa bercerita dan menulis sebesar terdapat 16 orang atau 80%. Sehingga disimpulkan bahwa "Dengan menggunakan metode karya wisata maka kemampuan bercerita dan menulis pada siswa Kelas IV SDN 08 Lemito Kabupaten Pohuwato meningkat", dengan demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima. Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Metode Karya Wisata