HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 84 KOTA TENGAH

Main Author: MARLES ASTRINI SEIK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Ipa
Di
V
Sdn
84
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412214/hubungan-antara-kecerdasan-emosional-dengan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ipa-di-kelas-v-sdn-84-kota-tengah.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Seik, Marles Astrini. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 84 Kota Tengah. Sampel penelitian siswa kelas V terdiri dari 36 orang. Data kecerdasan emosional diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa, sedangkan nilai hasil belajar mata pelajaran IPA diperoleh dari nilai ujian tengah semester siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,51 dan uji keberartian koefisien korelasi uji t diperoleh thitung (3,46) > ttabel (2,04) pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 84 Kota Tengah. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa