KEMAMPUAN SISWA MENGANALISIS UNSUR-UNSUR CERITA DONGENG MALIN KUNDANG DI KELAS V SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: HASNA YULIYANTI PALAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
V
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412191/kemampuan-siswa-menganalisis-unsur-unsur-cerita-dongeng-malin-kundang-di-kelas-v-sdn-4-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasna Yuliyanti Palai. 2016. Kemampuan Siswa Menganalisis Unsur-unsur Cerita Dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tentang kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo dari sejumlah 36 siswa yang mampu terdapat 29 atau 80.55%, 6 siswa atau 16.66% yang kurang mampu, 1 siswa atau 2.77% yang tidak mampu menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo sudah mampu dalam menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang. Kata Kunci : Menganalisis, Unsur-unsur cerita, Malin Kundang