PERAN GURU DALAM MEMBINA KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKn DI SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SULASTRI NIHE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Pkn
Di
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151412189/peran-guru-dalam-membina-kecerdasan-emosional-siswa-melalui-pembelajaran-pkn-di-sdn-4-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sulastri Nihe. 2016. Peran Guru dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Pembelajaran PKn di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si. Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana peran guru dalam membina kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran PKn di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo ?", Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru dalam membina kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran PKn di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membina kecerdasan emosional siswa melalui pembelajaran PKn di SDN 4 telaga Kabupaten Gorontalo dilakukan memberikan bimbingan ataupun nasehat kepada siswa, serta memberikan contoh yang baik khususnya dalam pembelajaran PKn, tetapi guru perlu memperhatikan bahwa penggunaan model, media dan metode pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran PKn pun dapat menunjang perkembangan kecerdasan emosional siswa di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tema-tema dan materi pokok dalam pembelajaran PKn yang bisa mengembangkan kecerdasan emosional siswa, mengembangkan empati dan kepedulian kepada orang lain, mengajarkan kejujuran dan integritas, mengajarkan memecahkan masalah, memberikan bimbingan kepada siswa terutama siswa yang bermasalah, memberikan motivasi dan penguatan positif, membangun hubungan yang harmonis dengan peserta didik, sehingga dapat mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Emosional, Pembelajaran PKn